Beberapa Penyebab Kista Pada Wanita Tua dan Muda

Posted on

Beberapa Penyebab Kista Pada Wanita Tua dan Muda

Kista pada ovarium jadi satu diantara keadaan yang paling banyak ditakuti oleh kaum hawa. Kista dapat berkembang dalam ovarium dengan sebagian keadaan serta penyebabnya yang berlainan. Semuanya wanita mempunyai 2 buah ovarium yang bertugas untuk hasilkan sel telur. Diluar itu, ovarium juga bertugas untuk keluarkan hormon estrogen serta progesteron. Ovarium terdapat di bagian bawah perut atau di rahim bawah. Kista yaitu satu kantong atau balon yang diisi cairan serta dapat berkembang di satu diantara ovarium ataupun dikeduanya. Semuanya wanita dapat mempunyai kista yang berlangsung karna semuanya wanita pasti juga akan menghasilkan sel telur serta dapat memperoleh menstruasi.

Karna semuanya wanita mempunyai rahim serta ovarium jadi semuanya wanita dapat juga mempunyai kista. Namun sudah pasti ada wanita yang betul-betul dapat rasakan tandanya serta kadang-kadang juga tanda kista memanglah tidak merasa. Banyak pula wanita yang terasa terperanjat karna memperoleh kista dalam kontrol USG kehamilan. Kista yang berkembang pada ovarium dapat karena sebab siklus mentsruasi normal.

Di bawah ini yaitu sebagian type kista serta pemicunya :

1. Sangat Muda Waktu Memperoleh Menstruasi

Saat seseorang wanita alami menstruasi pertama dalam umur yang masih tetap begitu muda atau rata-rata kurang dari 11 th. jadi dapat meningkatkan type kista folikel. Hal semacam ini dapat berlangsung karna produksi hormon pada badan juga akan mendorong produksi folikel yang semestinya melepas sel telur dengan teratur. Tetapi kurun waktu spesifik ada folikel yg tidak dapat melepas sel telur serta menyebabkan tumbuhnya kista.

2. Siklus Menstruasi Tidak Teratur

Siklus menstruasi yg tidak teratur benar-benar sangat umum berlangsung pada wanita serta bahkan juga untuk semuanya usia yang telah memperoleh periode menstruasi. Hal semacam ini dapat mengakibatkan kista saat terdapat beberapa folikel yang dibuat oleh ovarium tetapi, sekalipun tidak mempunyai kemampuan untuk melepas sel telur saat masa ovulasi. Saat masa ovulasi tidak berlangsung kurun waktu yang teratur jadi folikel yang ada diovarium dapat berkembang jadi kista. Umumnya type kista ini cuma jadi penambahan dari tanda kelainan beda dalam organ reproduksi seperti penyakit sindrom ovarium polikistik.

3. Hormon Tidak Seimbang

Produksi hormon kesuburan yg tidak teratur juga akan mengakibatkan perkembangan bahaya kista. Keadaan ini seringkali berlangsung pada remaja atau orang dewasa yang relatif mempunyai tingkat stress yang lebih tinggi. Kandungan estrogen yang sangat tinggi juga akan mengakibatkan problem untuk kelenjar limfa, usus, ginjal serta organ beda. Sebagian penyebabnya tingginya kandungan estrogen dapat juga di pengaruhi dari mengkonsumsi lemak terlalu berlebih, berolahraga yang berat, atau karna penggunaan kontrasepsi seperti resikonya pil KB serta penggunaan obat kesuburan. Wanita yang belum juga sempat hamil dapat juga alami problem ini.

4. Stres

Terdapat beberapa hal yang berlangsung pada badan saat seorang memperoleh stres atau desakan fikiran kurun waktu yang begitu panjang. Bahkan juga keadaan depresi dapat juga mengakibatkan pembentukan kista. Keadaan ini terkait dengan problem tidak seimbangnya hormon. Saat seseorang wanita tidak mempunyai progesteron dalam jumlah yang cukup mak, folikel yang semestinya menempelkan sel telur tidak bisa bekerja. Folikel juga akan berkembang selalu untuk periode waktu spesifik serta membuat kista.

5. Obesitas

Obesitas atau tubuh yang lebih gemuk di sekitaran panggul dapat juga mengakibatkan kista ovarium. Keadaan ini karena sebab jaringan lemak yang tumbuh dibagian perut serta sekelilingnya mendorong beragam problem seperti tidak seimbangan hormon, kekuatan ovulasi yang begitu kecil serta produksi folikel yang banyak tetapi sekalipun tidak dapat melepas sel telur.

6. Sindrom Polikistik Ovarium

Sindrom ini begitu umum untuk semuanya wanita serta umumnya dengan diawali menstruasi yg tidak teratur. Hal semacam ini dapat berlangsung karna dorongan hormon lutein yang semestinya kirim tanda ke oyak untuk meninduksi folikel dalam ovarium untuk melepas sel telur serta nyatanya tidak berlangsung. Mengakibatkan jadi banyak folikel yang di produksi tetapi sekalipun tidak dapat melepas sel telur. Umumnya type kista ini dapat pulih sendiri sesudah melalui empat kali siklus menstruasi.

7. Mengkonsumsi Obat Penyubur

Mengkonsumsi beragam type obat penyubur juga mendorong terjadinya penyebabnya kista. Keadaan ini begitu mungkin saja berlangsung saat wanita konsumsi obat penyubur serta mereka hasilkan folikel dalam jumlah yang begitu banyak. Tetapi tidak semuanya folikel dapat melepas sel telur serta mengakibatkan malah mengakibatkan terjadinya kista. Type obat penyubur yang memiliki kandungan clomyd begitu punya potensi tinggi mengakibatkan kista.

8. Hipotiroidisme

Hipotiroidisme yaitu satu keadaan badan yang berlangsung saat badan bereaksi serta dengan automatis tak akan menghasilkan tiroksin. Seseorang wanita yang alami hal semacam ini dapat memperoleh desakan yang begitu berat hingga lebih gampang geram, tidak dapat berfikir cepat, reaksi yang begitu lambat serta metabolisme yang begitu lambat hingga badan jadi gemuk. Kelainan ini juga akan mendorong terjadinya kista ovarium karna produksi hormon pada badan jalan lambat serta bahkan juga ovarium dapat sekalipun tidak menghasilkan sel telur.

9. Melahirkan serta Tidak Menyusui

Seseorang ibu yang telah sempat melahirkan serta tidak menyusui dapat juga mengakibatkan kista ovarium. Keadaan ini dapat berlangsung karna perubahan hormon seseorang ibu yang perlu menyusui serta hormon yang di produksi untuk mempersiapkan keadaan ovarium. Peranan hormon begitu perlu dalam sistem ini serta ibu yang menyusui mempunyai kemungkinan yang lebih rendah untuk meningkatkan kista ovarium.

10. Endometriosis

Endometriosis yaitu satu keadaan saat rahim membuat susunan yang tumbuh berbentuk jaringan yang tumbuh dibagian dalam rahim. Jaringan yang tumbuh serta menempel di bagian ovarium juga akan mengakibatkan pembentukan kista. Endometriosis umumnya juga akan mengakibatkan problem tiap-tiap siklus menstruasi karna mendorong rasa sakit serta pendarahan yang semakin banyak.

11. Alur Makan Buruk

Alur makan yang jelek seperti mengkonsumsi lemak yang terlalu berlebih dapat mengakibatkan pembentukan kista ovarium. Lemak juga akan menyebabkan problem yang begitu perlu dalam pengaruhnya untuk produksi hormon. Diluar itu, saat badan kekurangan vitamin serta mineral jadi dapat mengakibatkan problem ganguan ovulasi yang mensupport terjadinya kista.

Sebagian wanita memanglah dapat rasakan dampak dari kista ovarium. Tetapi semuanya memanglah bergantung dari ukuran serta keadaan badan tersebut. Namun hal yang seringkali berlangsung yaitu rasa sakit serta kurang nyaman waktu periode menstruasi.

Di bawah ini yaitu sebagian panduan untuk menangani rasa sakit karna kista :

1. Kompres Air Hangat

Ada hal yang dapat Anda kerjakan karna rasa sakit akibatnya karena kista ovarium. Salah nya ialah mengompres dengan air hangat. Letakkan air hangat di kantung kompres atau botol lalu lekatkan pada ruang panggul. Anda dapat juga memakai handuk yang telah dicelup ke air panas. Namun jangan sampai lakukan terapi ini saat Anda barusan minum obat, termasuk juga semuanya type obat.

2. Tentukan Konsumsi Makanan

Pilih type makanan spesifik begitu perlu dikerjakan untuk pasien kista. Tentukan type makanan yang berbentuk diuretik untuk menangani rasa sakit di bagian panggul. Sebagian type makanan yang begitu dianjurkan yaitu seperti tomat, mentimun, selada, wortel, brokoli serta teh termasuk juga jadi makanan sehat untuk ibu hamil. Diluar itu, jauhi sebagian type makanan seperti makanan pedas, banyak terkandung rempah-rempah, semuanya type minuman berkafein, daging berlemak serta susu.

3. Janganlah Menahan Buang Air Kecil

Bila anda tengah terasa sakit di bagian panggul atau sekelilingnya karna kista, jadi jangan sampai menahan buang air kecil. Menahan buang air kecil cuma juga akan mengakibatkan desakan yang semakin besar pada panggul serta dapat juga mengakibatkan kista jadi lebih kronis. Jadi tambah baik bila Anda selekasnya buang air kecil serta sekerap mungking mengosongkan kandung kemih supaya tidak menghimpit kista.

4. Tentukan Baju yang Nyaman

Jangan sampai menggunakan baju yang sangat ketat serta tidak nyaman bila menginginkan kurangi rasa sakit karna kista. Baju yang ketat cuma juga akan mengakibatkan desakan yang kronis di bagian pinggul serta seringkali buat kista jadi lebih jelek. Pakai baju yang longgar dengan bahan katun untuk sisi bawah. Jauhi menggunakan celana jeans yang sangat ketat. Umumnya pasien kista juga akan terasa sakit saat menggunakan type baju yang ketat serta tidak nyaman.

Kista jadi masalah organ reproduksi yang begitu menakutkan, terutama terdapat banyak type kista yang memanglah dapat jadi kanker. Hal yang terbaik dikerjakan oleh semuanya wanita yaitu menghindar timbulnya kista dengan membiasakan hidup sehat serta menjauhi pola hidup yang jelek.

One thought on “Beberapa Penyebab Kista Pada Wanita Tua dan Muda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *